Sabtu, 22 Februari 2014

NETBEANS

 Pengertian nerbeans
          NetBeans adalah Integrated Development Environment (IDE) berbasis java dari Sun Microsystems         yang berjalan di atas swing. Apa itu swing ? swing adalah teknologi java untuk pengembangan aplikasi           dekstop yang dapat berjalan di berbagai macam plaforms seperti windows, Linux, Mac OS X and solaris.
        Suatu IDE adalah lingkup pemrograman yang di integrasi kedalam suatu aplikasi perangkat lunak yang       menyediakan pembangun Graphic User Interface (GUI), suatu text atau kode editor, suatu comiler atau         interpreter dan suatu debugger.
        NetBeans merupakan software development yang open source, dengan kata lain software ini di bawah     pengembangan bersama yang bebas biaya. NetBeans juga dapat di artikan sebuah proyek kode terbuka       yang sukses dengan pengguna yang sangat luas, komunitas yang terus tumbuh dan memiliki hampir 100          mitra.

Fitur-fitur dari platform Netbenas antara lain :
   1. Manajemen antarmuka (misalnya : menu dan toolbar)
   2. Manajemen pengaturan pengguna
   3. Manajemen penyimpanan (menyimpan dan membuka berbagai macam data)
   4. Manajemen jendela
   5. Wizard framework (mendukung dialog langkah demi langkah

          Versi terbaru saat ini adalah NetBeans IDE 5.5.1 yang dirilis Mei 2007 mengembangkan fitur-fitur           Java EE yang sudah ada (termasuk Java Persistence support, EJB-3 dan JAX-WS). Sementara paket           tambahannya, NetBeans Enterprise Pack mendukung pengembangan aplikasi perusahaan Java EE 5,             meliputi alat desain visual SOA, skema XML, web service dan pemodelan UML. NetBeans C/C++ Pack     mendukung proyek C/C++.
         Modularitas: Semua fungsi IDE disediakan oleh modul-modul. Tiap modul menyediakan fungsi yang         didefinisikan dengan baik, seperti dukungan untuk bahasa pemrograman Java, editing, atau dukungan bagi     CVS. NetBeans memuat semua modul yang diperlukan dalam pengembangan Java dalam sekali                   download, memungkinkan pengguna untuk mulai bekerja sesegera mungkin. Modul-modul juga                     mengijinkan NetBeans untuk bisa dikembangkan. Fitur-fitur baru, seperti dukungan untuk bahasa                   pemrograman lain, dapat ditambahkan dengan menginstal modul tambahan. Sebagai contoh, Sun Studio,       Sun Java Studio Enterprise, dan Sun Java Studio Creator dari Sun Microsystem semuanya berbasis                NetBeans IDE.


Fitur-fitur yang terdapat dalam NetBeans antara lain :
   1. Smart code comletion
       Untuk mengusulkan nama variabel dari suatu tipe, melengkapi keyword dan mengusulkan tipe parameter        dari sebuah method
  2. Bookmarking
      Fitur yang digunakan untuk menandai baris yang suatu saat hendak kita modifikasi
  3. Go to commans
      Fitur yang di gunakan untuk jump ke deklarasi variabel, source code atau fotur yang ada pada project           yang sama
  4. Code generator
      JIka kita menggunakan fotur ini kita dapat menggenerate constructor, stter and getter method dan yang        lainnya
  5. Error stripe
      Fitur yang akan menandai baris yang error dengan memberi highlight merah

Database yang di dukung oleh Netbeans antara lain :


1. JDBC

    Merupakan spesifikasi standar dari JvaSoft API (Aplication Programming Interface) yang memungkinkan program Java untuk mengakses sistem database manajemen. JDBC API terdiri dari satu set interdace dan kelas yang di tulis dalam bahasa pemrograman Java. JDBC API menggunakan interface standar dan kelas, programmer dapat menulis aplikasi yang terhubung ke databse, mengirim pertanyaan ditulis SQL (Structured Query Language) dan memproses hasilnya.

2. ORACLE

    merupakan sebuah aplikasi basisdata yang di dukung oleh NetBeans. ORacle secara umum hampir sama dengan MySQL namun yang membedakan adalah oracle dapat digunakan dan dihubungkan dengan NetBeans dan harus menggunakan drivers untuk menyimpan data-data yang telah dibuat. Oracle merupakan salah satu dari beberapa aplikasi babsis data yang sering untuk koneksi ke basisdata pada NetBeanas karena relatif mudah dan cepat.
3. MySQL
    Merupakan sebuah aplikasi basisdata yang di dukung oleh NetBEans, MySQL memiliki fitur yang ada sudah lumayan lengkap dari mulai input, update, delete, serta search. Sebuah antar muka ODBC memanggil MYODBC yang memungkinkan setiap bahasa pemrograman yang mendukung ODBC untuk berkomunikasi dengan basis data MySQL

Kelebihan dan kekurangan NetBeans

 Kelebihan
    Salah satu yang menjadi duatu kelebihan dari NetBeans GUI Bulder ini adalah GRATIS, selain itu NetBeans GUI Bulider ini sangat kompetebel dengan swing, karena memang langsung di kembangkan oleh sun yang notabenenya sebagai pengembang swing.

kekurangan

   NerBeans hanya mensupport 1 pengembangan java GUI yaitu swing, padahal ada javaGUI yang di kembangkan oleh eclipse yang bernama SWT dan JFace yang sudah cukup populer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar